Dasar Hukum Customs Declaration

Bacaan 9 Menit
Dasar Hukum <i>Customs Declaration</i>
Pertanyaan

Kalau naik pesawat dari luar negeri, kita dikasih kertas customs declaration. Yang mengatakan bahwa kalau barang yang kita beli di atas 250 dollar per orang akan kena bea masuk, itu dasar hukumnya dimana ya? Kemudian dimana dasar hukum untuk mengetahui barang-barang apa saja yang dikenakan bea kalau kita bawa dari luar negeri?

Intisari Jawaban
?
Mengenai customs declaration dapat kita lihat dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 Tahun 2010 tentang Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, dan Barang Kiriman sebagaimana telah dicabut sebagian oleh Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 203/PMK.04/2017 Tahun 2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut (?Permenkeu 203/2017?). Customs Declaration adalah pemberitahuan pabean atas impor barang yang dibawa oleh penumpang atau awak sarana pengangkut.
?
Dalam Permenkeu 203/2017 tersebut juga dapat kita temukan bahwa tidak semua barang pribadi penumpang dianggap sebagai barang impor yang dikenakan bea masuk. Barang pribadi penumpang yang tidak dikenakan bea masuk dan cukai (pembebasan bea masuk dan cukai) antara lain:
  1. Barang nilai pabean paling banyak FOB USD 500.00 per orang untuk setiap kedatangan;
  2. Sigaret paling banyak 200 batang, cerutu paling banyak 25 batang, atau tembakau iris/hasil tembakau lainnya paling banyak 100 gram;
  3. Minuman mengandung etil alkohol paling banyak 1 (satu) liter;
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.