Jika Karyawan Diberhentikan Sepihak dan Dipaksa Menandatangani Non-Competition Clause

Bacaan 11 Menit
Jika Karyawan Diberhentikan Sepihak dan Dipaksa Menandatangani <i>Non-Competition Clause</i>
Pertanyaan

Apa yang harus saya lakukan? Ketika 1. pihak perusahaan memberhentikan saya secara sepihak, 2. saya dipaksa untuk membuat surat pernyataan pengunduran diri dan pernyataan khusus, yang isinya: - tidak boleh bekerja di perusahaan yang jenis usahanya sama selama 3 tahun. - kalau dilanggar, didenda Rp 500.000.000,- dan diproses hukum pidana dan perdata. 3. tidak diberikan pesangon sepeser pun 4. reward saya tidak diberikan. Inilah yang terjadi sekarang dan mohon solusinya, terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Di Pasal 155 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (?UU Ketenagakerjaan?) disebutkan jika pemutusan hubungan kerja (?PHK?) tanpa adanya penetapan dari lembaga penyelesaian hubungan industrial??akan menjadi batal demi hukum. Artinya, PHK sepihak tersebut dianggap tidak pernah terjadi dan selama putusan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial belum ditetapkan, baik pengusaha maupun pekerja/buruh harus tetap melaksanakan segala kewajibannya.
?
Non-competition clause bertentangan dengan UU Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia karena pada dasarnya setiap orang berhak dengan bebas memilih pekerjaan yang disukainya dan berhak pula atas syarat-syarat ketenagakerjaan yang adil. Oleh karena itu, non-competition clause tidak dapat diberlakukan.
?
Lalu bagaimana soal uang pesangon dan reward Anda? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?