Hukumnya Jika Pengusaha Menahan Gaji Karyawan yang Resign

Bacaan 14 Menit
Hukumnya Jika Pengusaha Menahan Gaji Karyawan yang <i> Resign</i>
Pertanyaan
Saya ingin menanyakan apakah diperbolehkan perusahaan menahan gaji karyawan dikarenakan staf tersebut resign tidak sesuai prosedur? Yang saya makin bingung adalah di saat pertama kali saya interview dan menandatangani perjanjian kerja, di perjanjian tersebut tidak ada soal penahanan gaji, yang ada hanya uang jaminan hangus bila resign tidak sesuai prosedur. Ke manakah saya harus melapor? Mohon penjelasannya, terima kasih. 
Intisari Jawaban
Pekerja yang mengundurkan diri (resign) harus memenuhi persyaratan tertentu, salah satunya yaitu mengajukan permohonan pengunduran diri maksimal 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.
 
Dalam praktiknya, ketentuan pengunduran diri diatur lebih lanjut dalam Peraturan Perusahaan (PP), Perjanjian Kerja Bersama (PKB), atau perjanjian kerja yang wajib dipatuhi oleh kedua belah pihak (pengusaha dan pekerja).
 
Berdasarkan keterangan Anda, dalam perjanjian kerja telah diatur jelas bahwa konsekuensi bagi pekerja yang mengundurkan diri tidak sesuai prosedur hanyalah uang jaminan yang hangus, bukan penahanan gaji.
 
Lalu, jika pengusaha menahan gaji pekerja yang bersangkutan, apa konsekuensi hukumnya dan langkah apa yang dapat diambil oleh pekerja?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika