Hapusnya Tanggung Jawab Terbatas dari Pemegang Saham

Bacaan 5 Menit
Hapusnya Tanggung Jawab Terbatas dari Pemegang Saham
Pertanyaan

Sebuah PT memiliki harta kekayaan sebesar 5 miliar, kemudian digunakan oleh salah satu dari 4 pemegang saham sebesar 4.5 miliar. Sementara PT tersebut memiliki utang yang telah jatuh tempo sebesar 1.2 miliar. Apakah pemegang saham lainnya turut bertanggung jawab dalam melunasi utang PT yang dikarenakan harta kekayaan PT tidak mencukupi untuk membayar utang? Atau utang PT dibebankan pada 1 orang pemegang saham yang telah menggunakan harta kekayaan PT?

Intisari Jawaban
?
Pemegang saham dapat dimintakan pertanggungjawaban pribadi apabila pemegang saham yang bersangkutan baik langsung maupun tidak langsung secara melawan hukum menggunakan kekayaan Perseroan, yang mengakibatkan kekayaan Perseroan menjadi tidak cukup untuk melunasi utang Perseroan.
?
Hal di atas adalah salah satu pengecualian dari Pasal 3 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang menyatakan bahwa Pemegang saham Perseroan Terbatas (?Perseroan?) tidak bertanggung jawab secara pribadi atas perikatan yang dibuat atas nama Perseroan dan tidak bertanggung jawab atas kerugian Perseroan melebihi saham yang dimiliki.
?
Penjelasan lebih lanjut, simak dalam ulasan di bawah ini.
?