Alasan Mengapa Teori dan Metode Matematika Tidak Dilindungi Paten

Bacaan 6 Menit
Alasan Mengapa Teori dan Metode Matematika Tidak Dilindungi Paten
Pertanyaan

Saya ingin bertanya tentang hak cipta dan paten. 1) tentang UU No. 14 tahun 2001 Pasal 7 kenapa ilmu pengetahuan dan matematika tidak bisa dipatenkan? 2) tentang hak cipta lukisan, misal ada pelukis yang meniru lukisan sehingga sama persis dengan lukisan asli dan tercantum nama pelukis asli, dan ia menjual lukisan tersebut, tanpa seizin pelukis asli, kondisinya lukisan yang asli tidak didaftarkan hak cipta, namun lukisan yang palsu didaftarkan hak cipta, maka jika dibawa ke pengadilan lukisan mana yang akan menang?

Intisari Jawaban
?
Tidak semua invensi mendapatkan perlindungan paten. Dari sisi invensi, teori dan metode di bidang ilmu pengetahuan dan matematika, baik secara produk maupun proses, tidak memenuhi syarat langkah inventif dan tidak dapat diterapkan dalam industri.
?
Mengenai pertanyaan kedua Anda, suatu lukisan ditiru sama persis tanpa membuang nama pelukis asli kemudian orang tersebut menjual serta mendaftarkannya. Dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, tidak ada lagi istilah pendaftaran, yang ada adalah pencatatan. Terdapat pelanggaran hak ekonomi pencipta yang terjadi dalam kasus ini, yaitu seseorang telah melakukan penerbitan, penggandaan, dan pengumuman lukisan tersebut tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?