Bolehkah Direksi Menjalankan Perusahaan Jika Dilaporkan ke Polisi?

Bacaan 11 Menit
Bolehkah Direksi Menjalankan Perusahaan Jika Dilaporkan ke Polisi?
Pertanyaan

Bagaimana status anggota direksi jika dilaporkan ke Polisi atas tindakan pidana penyalahgunaan wewenang jabatan oleh salah satu Pemegang Saham? Status belum menjadi tersangka, masih dalam tahap penyidikan sebagai saksi. Apakah masih dikatakan sah menjadi Direksi dan menjalankan Perusahaan?

Intisari Jawaban
?
Larangan bagi anggota Direksi untuk mewakili Perseroan dalam keadaan-keadaan tertentu diatur dalam ketentuan Pasal 99 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (?UU PT?), di mana dikatakan bahwa:
?
Anggota Direksi tidak berwenang mewakili Perseroan apabila:
  1. terjadi perkara di pengadilan antara Perseroan dengan anggota Direksi yang bersangkutan; atau
  2. anggota Direksi yang bersangkutan mempunyai benturan kepentingan dengan Perseroan.
?
Anda tidak menjelaskan secara lebih detail apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh anggota Direksi. UU PT pun tidak mengatur secara eksplisit apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan wewenang. UU PT hanya mengatur bahwa seorang anggota Direksi dianggap melampaui kewenangannya, apabila Direksi tersebut dalam menjalankan perseroan:
  1. Tindakan pengurusan yang dilakukan tidak sesuai dengan maksud dan tujuan perseroan
  2. Tindakan anggota Direksi melanggar atau bertentangan dengan undang-undang, anggaran dasar, dan keputusan RUPS.
?
Jadi, meskipun yang bersangkutan baru diperiksa menjadi saksi, akan tetapi anggota Direksi tersebut tidak dapat mewakili Perseroan. Hal ini dikarenakan bahwa dalam menjalankan pengurusan PT, seorang anggota Direksi haruslah menjalankan kewenangan yang diberikan kepadanya dengan memperhatikan hal-hal yang diatur di dalam undang-undang, anggaran dasar, dan keputusan RUPS. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam menjalankan perusahaan, anggota Direksi haruslah memperhatikan pula kepentingan pemegang saham. Dengan melihat bahwa anggota Direksi yang bersangkutan dilaporkan oleh pemegang saham atas tuduhan penyalahgunaan wewenang, maka dapat dikatakan bahwa anggota Direksi tersebut telah memiliki benturan kepentingan dengan Perseroan.
?
Penjelasan lebih lanjut, silakan dibaca dalam ulasan di bawah ini.
?