Kegiatan Ekspor oleh Pelaku Usaha UMKM

Bacaan 11 Menit
Kegiatan Ekspor oleh Pelaku Usaha UMKM
Pertanyaan
Saya dan keluarga memiliki perkebunan kopi yang dikelola secara kekeluargaan. Kami mendapatkan penawaran dari luar negeri untuk mengekspor biji kopi kami kepada mereka. Kami belum memiliki badan usaha apapun dan berpikir untuk mempersiapkannya agar membantu masyarakat desa kami. Apakah pendirian UKM dapat diizinkan untuk melakukan kegiatan ekspor ini? Terima kasih.
Intisari Jawaban
Pada dasarnya, ekspor dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk perseorangan, dan badan usaha baik yang berbentuk badan hukum maupun yang bukan. Yang membedakan adalah orang perseorangan hanya dapat mengekspor kelompok Barang Bebas Ekspor, sedangkan lembaga dan badan usaha hanya dapat mengekspor kelompok Barang Bebas Ekspor dan Barang Dibatasi Ekspor.
 
Sehingga, Anda perlu menyesuaikan jenis badan usaha Anda dengan kelompok barang yang akan diekspor. Adapun mengenai ekspor kopi, hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 109 Tahun 2018 tentang Ketentuan Ekspor Kopi berikut aturan perubahannya. Bagaimana ketentuannya?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.