Ketentuan Kemitraan Bagi Pengusaha Susu

Bacaan 7 Menit
Ketentuan Kemitraan Bagi Pengusaha Susu
Pertanyaan

Saya seorang pengusaha susu segar. Dalam seminar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian kami mendapatkan informasi bahwa pengusaha susu tidak boleh melakukan monopoli produksi susu dan peternakan sendiri. Pengusaha susu harus melakukan kegiatan kemitraan dengan peternak susu dan usaha kecil lainnya dalam melakukan usaha. Apakah pernyataan dari Kementerian Pertanian benar adanya? Bagaimana secara legal hukum mengatur hal itu?

 

Intisari Jawaban

?

Aturan mengenai kemitraan dalam usaha produksi susu merujuk pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26/PERMENTAN/PK.450/7/2017 Tahun 2017 tentang Penyediaan Dan Peredaran Susu (?Permentan 26/2017?).

?

Berdasarkan Permentan 26/2017, pelaku usaha diwajibkan untuk melakukan kemitraan melalui pemanfaatan SSDN atau promosi, dan dapat pula dalam bentuk penyediaan sarana produksi, produksi, dan/atau permodalan atau pembiayaan. Kemitraan tersebut wajib dilakukan oleh Pelaku Usaha dengan Peternak, Gabungan Kelompok Peternak, dan/atau Koperasi.

?

Apa sanksi jika pelaku usaha tidak melakukan kemitraan tersebut? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

?