Pengajuan PKPU Terhadap Developer Apartemen

Bacaan 12 Menit
Pengajuan PKPU Terhadap <i>Developer</i> Apartemen
Pertanyaan

1. Apakah Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (“PKPU”) dapat diajukan oleh beberapa orang pembeli unit apartemen yang secara cash (sudah melunasi pembayaran unit apartemen) terhadap pihak developer? Hal ini disebabkan karena belum adanya kepastian penyerahan unit, sedangkan batas waktu maksimal di PPJB sudah berakhir? Bahkan sudah lewat 1,5 tahun dari PPJB berakhir. 2. Bagaimanakah jika PKPU pemohon (pembeli unit) tersebut dikabulkan oleh Pengadilan Niaga? Proses apakah selanjutnya yang harus dilakukan, mengingat pembeli unit apartemen kepemilikan bersama dan masih dalam status pembangunan? 3. Apakah pihak developer apartemen bisa dipailitkan oleh pembeli unit/pemohon PKPU, dengan mengabaikan pembeli lainnya? Mohon pencerahannya, terima kasih.

Intisari Jawaban

?

Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (?PKPU?) diajukan oleh debitor yang mempunyai lebih dari 1 (satu) kreditor atau oleh kreditor. Kreditor yang memperkirakan bahwa debitor tidak dapat melanjutkan membayar utangnya yang sudah jatuh waktu dan dapat ditagih, dapat memohon agar kepada debitor diberi PKPU, untuk memungkinkan debitor mengajukan rencana perdamaian yang meliputi tawaran pembayaran sebagian atau seluruh utang kepada kreditornya.

?

Jika melihat kepada rumusan tersebut, beberapa orang pembeli unit apartemen selaku kreditor, dapat mengajukan PKPU terhadap developer selaku debitor.

?

Soal kepailitan, seorang atau lebih kreditor dapat mengajukan permohonan pernyataan pailit terhadap seorang debitor sepanjang debitor mempunyai dua atau lebih kreditor walaupun hanya diperlukan satu utang yang telah jatuh waktu dan dapat ditagih. Menurut salah seorang ahli, UU KPKPU tidak melarang pengajuan permohonan pernyataan pailit oleh kreditor sekalipun besarnya tagihan kreditor pemohon hanya merupakan porsi yang kecil dibandingkan keseluruhan utang debitor.

?

Penjelasan lebih lanjut dan contoh kasusnya dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

?