Risiko Hukum Bagi Orang Tua Anak Selebgram

Bacaan 16 Menit
Risiko Hukum Bagi Orang Tua Anak Selebgram
Pertanyaan
Anak menjadi selebgram, apakah termasuk ekploitasi dan orang tuanya bisa dihukum?
Intisari Jawaban
?
Bagi selebgram anak, karena anak yang belum dewasa (belum berumur 21 tahun dan belum menikah) dianggap tidak cakap untuk membuat suatu perjanjian, maka orang tuanya yang akan mewakili anak tersebut dalam membuat perjanjian dengan pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan selebgram anak.
?
Pada dasarnya, setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual terhadap anak.
?
Apakah tindakan orang tua sebagai pihak yang mewakili anaknya (selebgram) dalam melakukan perbuatan hukum membuat perjanjian kerja sama dapat dikatakan eksploitasi anak secara ekonomi?
?
Untuk menentukan hal tersebut, tentu harus dilihat kembali apakah unsur-unsur tindak pidana telah terpenuhi, salah satunya apakah orang tua dari anak yang menjadi selebgram telah melakukan eksploitasi secara ekonomi terhadap anak untuk keuntungan materiil? Jika memang terbukti ada keuntungan yang didapatkan oleh orang tua, maka perbuatan orang tua dapat dikatakan sebagai eksploitasi anak.
?
Penjelasan lebih lanjut, silakan baca ulasan di bawah ini.
?