Bisakah “Menghidupkan” Kembali Pasal yang Pernah Dibatalkan MK?

Bacaan 9 Menit
Bisakah “Menghidupkan” Kembali Pasal yang Pernah Dibatalkan MK?
Pertanyaan

Saya ada sedikit pertanyaan yang cukup mengganjal terkait dengan bagaimana sebetulnya nasib dari pasal-pasal yang telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi. Adakah suatu putusan MK atau mungkin pendapat yang tegas melarang bahwa pasal yang telah dimatikan dilarang untuk "dihidupkan" kembali dalam revisi undang-undang barunya?

Intisari Jawaban
Tidak ada aturan yang secara eksplisit melarang menghidupkan kembali pasal-pasal yang telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (“MK”) dalam rancangan undang-undang (“RUU”).
 
Namun jika materi muatan pasal, ayat, dan/atau bagian dari suatu undang-undang tersebut telah dibatalkan oleh MK dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat kemudian muatan pasal, ayat, dan/atau bagian dari suatu undang-undang yang telah dibatalkan tersebut dihidupkan atau dimasukkan kembali ke dalam rancangan undang-undang, maka akan besar kemungkinan setelah RUU disahkan dan diundangkan, muatan pasal, ayat, dan/atau bagian dari undang-undang tersebut akan dimohonkan kembali pengujiannya (judicial review) ke MK. Kemungkinan ini dikarenakan memiliki materi muatan yang sama terhadap muatan pasal, ayat, dan/atau bagian yang telah dibatalkan oleh MK.
 
Penjelasan lebih lanjut dan contoh pasal yang dihidupkan kembali dan diuji materi ke MK, silakan klik ulasan di bawah ini.