Hukumnya Jika Ketua RT Melakukan Diskriminasi Terhadap Warganya

Bacaan 13 Menit
Hukumnya Jika Ketua RT Melakukan Diskriminasi Terhadap Warganya
Pertanyaan

Apakah bisa Ketua RT dilaporkan ke POLDA setempat karena melakukan diskriminasi? Karena ditegur 2x oleh Babinsa tidak mempan dan ke POLSEK dikembalikan kembali ke Babinsa. Bagimana cara melaporkannya?

Intisari Jawaban
?
Pada dasarnya, sebagai contoh yang tertuang dalam Pasal 24 ayat (1) huruf c Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga dijelaskan bahwa pengurus Rukun Tetangga (?RT?) dalam hal ini adalah Ketua RT, memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kemasyarakatan kepada penduduk tanpa diskriminasi.
?
Kami kurang mendapatkan informasi yang jelas dari Anda mengenai bentuk diskriminasi seperti apa yang dilakukan oleh Ketua RT. Untuk itu, kami asumsikan bahwa diskriminasi yang Anda maksud ada diskriminasi (melakukan pembedaan/menunjukkan kebencian berdasarkan ras dan etnis).
?
Jika ketua RT melakukan diskriminasi berdasarkan ras dan etnis, maka ia dapat diancam pidana dengan Pasal 15 atau Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, hukuman pidananya tergantung jenis perbuatan diskriminasi seperti apa yang dilakukannya.
?
Kami menyarankan agar warga memprioritaskan upaya damai di antara warga dengan Ketua RT. Apabila segala upaya damai telah ditempuh namun tidak berhasil, warga dapat melaporkan tindakan Ketua RT tersebut kepada ketua Rukun Warga ("RW") sebagai penyelenggara pemerintahan di atas RT sebelum membawanya ke ranah pidana.
?
Jika segala upaya kekeluargaan tidak berhasil, masyarakat dapat melaporkan ketua RT tersebut pada Kepolisian sesuai dengan wilayah adminstrasi Kepolisian. Bagaimana cara melaporkannya?
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?