Larangan Menerima Dana Asing untuk Kampanye Pilkada

Bacaan 9 Menit
Larangan Menerima Dana Asing untuk Kampanye Pilkada
Pertanyaan

Saya ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah, apakah saya dapat menggunakan dana dari teman saya yang bekerja di organisasi internasional? Teman saya berkewarganegaraan asing. Adakah hukumnya? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Dana yang diberikan teman Anda yang berkewarganegaraan asing tidak boleh digunakan sebagai dana kampanye, karena sesuai dengan Pasal 76 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang (?UU 8/2015?), bahwa dana yang berasal dari negara asing, lembaga swasta asing, lembaga swadaya masyarakat asing dan warga negara asing dilarang untuk digunakan sebagai dana kampanye.
?
Jika Anda terlanjur menerima dana tersebut, maka Anda wajib melaporkannya kepada KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota paling lambat 14 hari setelah masa kampanye berakhir dan menyerahkan sumbangan tersebut kepada kas negara, sebagaimana diatur di Pasal 76 ayat (2) UU 8/2015. Karena apabila tidak melaporkan, maka selain dikenakan sanksi administratif, Anda juga akan dikenakan sanksi pidana
?
Apa sanksi yang diberikan kepada orang yang dengan sengaja menerima atau memberi dana kampanye dari atau kepada pihak yang dilarang? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?