Penyertaan Modal BUM Desa oleh Penanam Modal Dalam Negeri

Bacaan 9 Menit
Penyertaan Modal BUM Desa oleh Penanam Modal Dalam Negeri
Pertanyaan

Dapatkah Penanam Modal Dalam Negeri menaruh saham di BUM Desa?

Intisari Jawaban
?
Subjek dari Penanaman Modal Dalam Negeri (?PMDN?) adalah penanam modal dalam negeri, yaitu perseorangan warga negara Indonesia, badan usaha Indonesia, negara Republik Indonesia, atau daerah yang melakukan penanaman modal di wilayah negara Republik Indonesia, sebagaimana diatur di Pasal 1 angka 5 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal (?UU PM?).
?
?
  1. Modal awal BUM Desa bersumber dari APB Desa.
  2. Modal BUM Desa terdiri atas:
  1. penyertaan modal Desa; dan
  2. penyertaan modal masyarakat Desa.
  1. Kekayaan BUM Desa yang bersumber dari penyertaan Modal Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a merupakan kekayaan Desa yang dipisahkan.
  2. Penyertaan modal Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a berasal dari APB Desa.
  3. Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota dapat memberikan bantuan kepada BUM Desa yang disalurkan melalui APB Desa.
?
Jika melihat kembali mengenai subjek dari PMDN dalam Pasal 1 angka 5 UU PM yang telah dibahas sebelumnya yaitu antara lain negara Republik Indonesia atau daerah yang melakukan penanaman modal di wilayah negara Republik Indonesia, maka dapat disimpulkan bahwa penanam modal dalam negeri yaitu negara Republik Indonesia atau daerah, dapat memberikan bantuan kepada BUM Desa yang disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) sebagai bentuk penyertaan modal Desa.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?