Pihak-pihak yang Bisa Mengakses Layanan e-Court

Bacaan 11 Menit
Pihak-pihak yang Bisa Mengakses Layanan <i>e-Court</i>
Pertanyaan

Apakah e-Court bisa digunakan oleh orang biasa selain advokat untuk mendaftarkan gugatan? Kemudian apakah e-Court ini hanya untuk registrasi saja atau lebih jauh lagi seperti surat pemberitahuan sidang bisa diterima melalui elektronik? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
?
Layanan administrasi perkara secara elektronik dapat digunakan oleh advokat maupun perorangan yang terdaftar. Itu artinya, layanan ini dapat digunakan oleh orang perorangan selain advokat, dengan catatan telah terdaftar. Akan tetapi, berdasarkan informasi dari laman e-Court Mahkamah Agung RI dan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 122/KMA/SK/VII/2018 Tahun 2018 tentang Pedoman Tata Kelola Pengguna Terdaftar Sistem Informasi Pengadilan, untuk saat ini layanan pendaftaran perkara online dikhususkan untuk advokat. Pengguna terdaftar setelah mendaftar dan mendapatkan akun, harus melalui mekanisme validasi advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari perseorangan atau badan hukum akan diatur lebih lanjut.
?
Selain itu layanan e-Court ini tidak hanya untuk pendaftaran perkara saja, tetapi juga dilakukan untuk administrasi panggilan secara elektronik dan penerbitan salinan putusan dan penetapan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?