Bolehkah Istri Anggota BPD Menjadi Perangkat Desa?

Bacaan 8 Menit
Bolehkah Istri Anggota BPD Menjadi Perangkat Desa?
Pertanyaan

Apakah istri BPD boleh jadi calon perangkat desa?

Intisari Jawaban
?
Sepanjang penelusuran kami, secara eksplisit tidak ada larangan bagi istri anggota Badan Permusyawaratan Desa (?BPD?) untuk menjadi perangkat desa. Untuk bisa menjadi perangkat desa harus memenuhi sejumlah persyaratan yang diatur. Selain itu, keputusan bisa atau tidaknya menjadi perangkat desa ada pada kepala desa karena berdasarkan hasil dikonsultasikan dengan camat atas nama bupati/walikota.
?
Tetapi perlu diingat bahwa dari sisi suami sebagai anggota BPD ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sebagai anggota BPD, salah satunya yaitu tidak boleh melakukan nepotisme. Nepotisme adalah tindakan memilih kerabat atau sanak saudara sendiri untuk memegang pemerintahan.
?
Jadi apabila istri anggota BPD tersebut menjadi perangkat desa berkat bantuan suami karena jabatannya sebagai anggota BPD, maka hal tersebut tidak diperbolehkan karena perbuatan tersebut adalah bentuk dari nepotisme.
?
Tetapi apabila istri dari anggota BPD tersebut menjadi perangkat desa murni karena kemampuan dan kinerjanya serta melalui proses pemilihan yang transparan, maka hal tersebut tidak bisa dikatakan sebagai nepotisme yang dilakukan oleh suaminya dan ia berhak menjadi perangkat desa karena pada dasarnya setiap orang mempunyai hak untuk terlibat dalam pemerintahan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?