Selasa, 09 Oktober 2018

Jerat Hukum WNA sebagai Penjaga Vila Ilegal

Jerat Hukum WNA sebagai Penjaga Vila Ilegal

Pertanyaan

Ada banyak orang asing di Bali yang tinggal gratis di vila-vila dengan cara menjadi penjaga vila tersebut. Istilahnya villa sitter, bisa juga sekalian menjadi pet sitter atau dog sitter. Mereka beralasan tidak dibayar dengan uang tunai dan merasa bahwa aktivitas tersebut adalah legal. Saya sangat yakin itu melangar hukum imigrasi kita, tetapi saya tidak tahu dimana bisa mencari pasal yang mengatur tentang hal tersebut. Mohon info tentang pasal "menjual jasa tanpa bayaran uang tetapi dengan bayaran akomodasi gratis" ini. Ditunggu dengan sangat supaya saya bisa memberi penerangan kepada orang-orang asing di Bali. Terima kasih banyak.

Intisari Jawaban

Jenis visa yang diperlukan Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk bekerja di Indonesia yaitu visa tinggal terbatas (vitas) dalam rangka bekerja.
Terdapat syarat bagi pemberi kerja TKA dan syarat yang harus dipenuhi oleh TKA itu sendiri. Dengan tidak diaturnya pekerjaan menjaga vila dan menjaga hewan peliharaan di Keputusan Menteri Ketenagakerjaan sebagai pekerjaan yang dapat diduduki oleh TKA, maka berimplikasi pada Kementerian Ketenagakerjaan tidak memiliki dasar untuk memberikan surat rekomendasi visa bekerja. Konsekuensi logis berikutnya adalah tidak dikeluarkannya vitas tanpa adanya surat rekomendasi visa bekerja. Sampai pada titik kesimpulan, tidak ada visa untuk bekerja sebagai penjaga vila ataupun penjaga hewan peliharaan. Dengan kata lain, Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja sebagai penjaga vila ataupun penjaga hewan tersebut tidak mempunyai izin dalam melakukan aktivitasnya.
Sanksi pidana yang dapat diberikan adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling paling banyak Rp 500 juta bagi setiap orang asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya.
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Ingin Masalah Anda Segera Tuntas?

Hubungi konsultan hukum profesional dengan biaya terjangkau, pilih durasi dan biaya konsultasi sesuai kebutuhan Anda di sini.

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua