Bolehkah Tenaga Kerja Asing Bekerja sebagai Pengajar di CV?

Bacaan 8 Menit
Bolehkah Tenaga Kerja Asing Bekerja sebagai Pengajar di CV?
Pertanyaan

Saya mau bertanya, apabila saya mendirikan badan usaha berbentuk CV dalam bidang pendidikan seperti tutoring/kursus di rumah kami, apakah suami saya (Pemegang KITAP) bisa bekerja dengan saya di CV saya ini sebagai tenaga pengajar? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Badan usaha berbentuk Commanditaire Vennootschap?(CV) diperbolehkan untuk memiliki izin usaha terkait bidang pendidikan. Selanjutnya terhadap suami Anda, tidak harus mengurus Izin Tinggal Terbatas (?Itas?) lagi untuk bekerja. Suami Anda pemegang Kartu Izin Tinggal Tetap (?KITAP?) bisa bekerja dengan Anda di CV yang dimaksud sebagai tenaga pengajar.
?
Berdasarkan Pasal 53 huruf e UU Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (?UU Keimigrasian?), hal itu disebabkan Itas berakhir karena pemegang Itas izinnya beralih status menjadi Izin Tinggal Tetap. Oleh karena ia telah memiliki KITAP, sehingga dapat dipahami bahwa ia telah menjadi penduduk Indonesia sebagaimana disebutkan Pasal 54 ayat (1) huruf a dan ayat (3) UU Keimigrasian. Dengan demikian sama dengan memenuhi persyaratan di Pasal 5 huruf e Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?