Jumat, 23 November 2018

Prosedur Menonaktifkan Ketua RW yang Menghalangi Hak Masyarakat

Prosedur Menonaktifkan Ketua RW yang Menghalangi Hak Masyarakat

Pertanyaan

Orang tua saya memiliki masalah pribadi dengan ketua RW di kompleks saya bermukim, masalah pribadi ini sudah lebih 10 tahun.  Ketua RW ini menahan slip PBB rumah saya, dia mengatakan "kalau mau slip PBB-nya datang sendiri ambil di rumah saya", hal ini memberatkan orang tua saya karena itu tadi masalah pribadi dan semua warga slip PBB-nya langsung dibagikan ke rumah masing-masing, hanya orang tua saya yang disuruh ambil sendiri. Terlepas dari masalah pribadi yang ada, apakah dibenarkan ketua RW melakukan hal tersebut? yang mana saya rasa slip PBB itu hak milik orang tua saya agar mereka bisa menunaikan pajaknya. Kalau dilihat dari aspek hukum ini bagaimana? Apakah bisa dikatakan menyalahgunakan wewenang untuk tujuan tertentu? Adapun langkah-langkah yang sudah saya tempuh adalah meminta tolong kepada Pak Lurah dengan menjelaskan duduk perkara dan agar PBB saya bisa dia simpan tidak diberikan ke ketua RW, tapi sayang sekali dia memberikan dengan alasan si ketua RW yang meminta untuk diberikan. Apa yang bisa saya lakukan ke depannya kecuali mendatangi rumah si ketua RW ini? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Karena Anda tidak menyebutkan tempat tinggal, maka kami asumsikan Pengurus Rukun Warga (RW) yang Anda maksud berada dalam wilayah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang pengaturannya tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 171 tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga.
Ketua RW dalam permasalahan Anda dapat dinonaktifkan, karena salah satunya diduga melakukan tindakan tercela atau tidak terpuji yang menyebabkan hilangnya kepercayaan warga terhadap kepemimpinannya sebagai Ketua RW dalam bentuk menahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang bukan miliknya tanpa penjelasan yang jelas merupakan pelanggaran ketentuan dan dikriminasi karena PBB warga yang lain diberikan tepat waktu, dan hanya milik PBB Anda yang memiliki masalah pribadi dengan Ketua RW yang tak kunjung diberikan.
Bagaimana prosedur mengadukannya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
PENJAWAB : LBH Jakarta
MITRA : LBH Jakarta
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua