Kewajiban Perusahaan Mengubah KBLI Menjadi yang Baru

Bacaan 8 Menit
Bacaan 8 Menit
Kewajiban Perusahaan Mengubah KBLI Menjadi yang Baru
Pertanyaan

Perusahaan kami masih menggunakan KBLI lama dan belum memiliki NIB. Apakah mengubah KBLI lama menjadi KBLI 2017 harus melalui Notaris atau dapat langsung ke DPMPSTP? Apakah hal tersebut termasuk mengubah anggaran dasar? Sekedar informasi, perusahaan kami berdiri tahun 2016.

Intisari Jawaban
?
Pemerintah menyadari mengenai perbedaan pemakaian Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (?KBLI?) 2017 dan sebelum 2017 yang dialami para pelaku usaha. Untuk itu, pemerintah mengeluarkan Pengumuman Bersama Kementerian Hukum dan HAM RI cq.?Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI cq.?Lembaga OSS.
?
Lembaga OSS akan memproses dan menerbitkan Nomor Induk Berusaha (?NIB?) bagi Perseroan Terbatas yang maksud dan tujuan serta kegiatan usahanya belum menggunakan KBLI 2017, dengan catatan bahwa Perseroan Terbatas tersebut dalam jangka waktu 1 (satu) tahun wajib menyesuaikan maksud dan tujuan serta kegiatan usahanya sesuai KBLI 2017 melalui Sistem Administrasi Badan Hukum Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum sesuai mekanisme yang diatur pada ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Perseroan Terbatas.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?