Dapatkah Menuntut Ayah Perokok karena Membahayakan Anaknya?

Bacaan 10 Menit
Dapatkah Menuntut Ayah Perokok karena Membahayakan Anaknya?
Pertanyaan

Saya sudah sering membaca atau mendengar kasus kematian bayi/balita/anak kecil yang meninggal dunia karena terkena paparan atau residu asap rokok dari orang terdekat misalnya ayahnya yang perokok. Apakah dengan adanya kejadian tersebut sang ayah bisa dituntut melalui jalur hukum karena secara tidak langsung membunuh anaknya? Apakah suami perokok dapat dituntut melalui jalur hukum dengan alasan membahayakan kesehatan anak dan istri?

Intisari Jawaban
?
Tidak ada pidana secara khusus bagi seseorang yang merokok yang menyebabkan orang lain meninggal dunia. Hal ini karena, secara umum seseorang tidak akan meninggal dunia karena sekali terkena asap rokok orang lain. Tetapi, perlu diketahui bahwa orang yang merokok seharusnya menyadari bahwa penting untuk menjaga kesehatan, termasuk keluarganya khususnya anak agar tidak terpapar asap rokok yang dapat membahayakan kesehatan.
?
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak mengatur mengenai sanksi terhadap orang tua yang melakukan kekerasan terhadap anak. Terganggunya kesehatan anak juga termasuk kekerasan terhadap anak secara fisik.
?
Apa sanksi bagi orang tua yang melakukan kekerasan terhadap anak? Dapatkah menuntut ayah yang merokok dan membahayakan anaknya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?