Jaminan Pensiun Bagi PNS yang Masa Kerjanya Kurang dari 5 Tahun

Bacaan 8 Menit
Jaminan Pensiun Bagi PNS yang Masa Kerjanya Kurang dari 5 Tahun
Pertanyaan

Bagaimana nasib PNS yang masa kerjanya itu kurang dari 5 tahun namun sudah waktunya pensiun (mencapai batas umur pensiun), menurut kebijakan itu kan tidak dapat uang pensiun, tapi apakah ada jalan lain?

Intisari Jawaban
?
Berdasarkan usia minimal (18 tahun) dan usia maksimal (40 tahun bagi jabatan tertentu) untuk melamar menjadi PNS serta dikaitkan dengan batas usia pensiun (58, 60, dan 65 tahun); kondisi PNS yang pensiun (karena batas usia) dan memiliki masa kerja kurang dari 5 tahun tidaklah dimungkinkan dapat dikatakan pensiun karena mencapai batas umur dan diberikan jaminan pensiun.
?
Jaminan pensiun terhadap PNS yang masa kerjanya kurang dari 5 tahun hanya dapat diberikan terhadap PNS yang tidak bisa bekerja karena alasan kesehatan (tidak cakap jasmani dan atau rohani) dengan kondisi sebagai berikut:
  1. Dinyatakan oleh tim penguji kesehatan tidak dapat bekerja lagi dalam Jabatan apapun karena keadaan jasmani dan/atau rohani yang disebabkan oleh dan karena menjalankan kewajiban Jabatan tanpa mempertimbangkan usia dan masa kerja; atau
  2. Dinyatakan tidak dapat bekerja lagi oleh tim penguji kesehatan dalam Jabatan apapun karena keadaan jasmani dan/atau rohani yang tidak disebabkan oleh dan karena menjalankan kewajiban Jabatan apabila telah memiliki masa kerja untuk pensiun paling singkat 4 (empat) tahun.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?