Ketentuan Royalti dan Perpajakan bagi Usaha Karaoke Box

Bacaan 6 Menit
Ketentuan Royalti dan Perpajakan bagi Usaha <i>Karaoke Box</i>
Pertanyaan
Saya sedang mengelola usaha recording studio booth/box yang tidak hanya menghadirkan fasilitas bernyanyi karaoke, melainkan juga ada fitur recording video pengguna pada saat pengguna sedang bernyanyi. Tak hanya itu, dalam booth/box juga dihadirkan fasilitas permainan seperti tebak lagu, pilihan berganda, dan sebagainya. Untuk itu, saya ingin menanyakan:
  1. apa sajakah royalti yang harus saya bayarkan untuk usaha recording studio booth/box tersebut? Apa landasan hukumnya? Dan bagaimana prosedur pembayaran royaltinya?
  2. terkait pajak, berapa persen kah pajak yang dikenakan untuk usaha recording studio booth/box tersebut?
Intisari Jawaban
Royalti pencipta dan pemegang hak cipta di antaranya dapat dibayarkan pengusaha karaoke box melalui Lembaga Manajemen Kolektif (“LMK”). Pencipta, pemegang hak cipta, pemilik hak terkait menjadi anggota LMK agar dapat menarik imbalan yang wajar dari pengguna yang memanfaatkan hak cipta dan hak terkait dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial. Pengguna hak cipta dan hak terkait membuat perjanjian dengan LMK yang berisi kewajiban untuk membayar royalti atas hak cipta dan hak terkait yang digunakan.
 
Lalu, berapa besaran tarif royalti dan persentase pajak bagi usaha karaoke box? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.