Cara Menghindari ‘Persamaan Pada Pokoknya’ dalam Merek

Bacaan 5 Menit
Cara Menghindari ‘Persamaan Pada Pokoknya’ dalam Merek
Pertanyaan

Saya bingung saat melakukan pendaftaran merek. Usaha saya sudah berjalan, kemudian sekarang mau mendaftarkan merek, ternyata dari salah satu Kantor Konsultan KI mengeluarkan hasil pengecekan bahwa ditemukan adanya kesamaan pada pokoknya. Saya kasih contoh: Merek saya adalah Tropi Com Sedangkan yang ditemukan persamaan pada pokoknya adalah merek Tropo Lattee. Kita sama sama di kelas 43. Hasil pengecekan tersebut dianggap rawan. Tapi saya bingung gimana selain mengganti nama. Yang mau saya tanya, kalau tulisan Tropi Com saya gabungkan jadi tropicom apakah masih kena persamaan pada pokoknya? Saya mau lanjut mencoba tapi takut digugat. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Antara merek Tropo Latte dengan Tropicom, kata yang menonjol adalah kata tropi. Sebagai acuan, terdapat putusan terdahulu antara Fuji dengan Fujipro yang mana majelis hakim menyatakan kedua produk tersebut tidak memiliki daya pembeda.
?
Untuk memastikan persamaan pada pokoknya, langkah awal yang Anda lakukan sudah tepat yaitu berkonsultasi dahulu ke konsultan kekayaan intelektual. Solusi lain selain mengganti nama adalah dengan menambahkan unsur-unsur pada merek Anda sehingga memiliki daya pembeda dengan merek milik orang lain.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?