Perbedaan Sengketa Proses dengan Sengketa Hasil Pemilu

Bacaan 10 Menit
Perbedaan Sengketa Proses dengan Sengketa Hasil Pemilu
Pertanyaan

Apa bedanya sengketa proses Pemilu dengan sengketa hasil pemilu? Apakah MK bisa menangani sengketa proses Pemilu? Mengingat biasanya kasus hanya hasilnya saja digugat ke MK. Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Sengketa proses pemilu adalah sengketa yang terjadi antar-peserta pemilu dan sengketa peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu sebagai akibat dikeluarkannya keputusan Komisi Pemilihan Umum (?KPU?), keputusan KPU Provinsi, dan keputusan KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan, sengketa (perselisihan) hasil pemilu adalah perselisihan antara KPU dan Peserta Pemilu mengenai penetapan perolehan suara hasil Pemilu secara nasional.
?
Dalam hal terjadi sengketa hasil pemilu, maka lembaga yang berwenang menyelesaikannya adalah Mahkamah Konstitusi (MK). Tetapi, untuk sengketa proses pemilu, lembaga yang berwenang untuk menerima, memeriksa, dan memutus penyelesaian sengketa proses tersebut adalah Badan Pengawas Pemilu (?Bawaslu?) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (?PTUN?). Pengajuan gugatan atas sengketa proses pemilu ke PTUN dilakukan setelah upaya administrasi di Bawaslu telah digunakan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?