Tujuan, Komponen, dan Bentuk Kegiatan Siskamling yang Sesuai Aturan

Bacaan 7 Menit
Tujuan, Komponen, dan Bentuk Kegiatan Siskamling yang Sesuai Aturan
Pertanyaan

Apakah hukumnya wajib membunyikan bunyi-bunyian di kala ronda keliling? Bukannya mengganggu kenyamanan yang sedang beristirahat? Tolong penjelasannya karena saya merasa terganggu sampai-sampai anak saya bangun setiap malam.

Intisari Jawaban
?
Ronda atau jaga atau kemit atau istilah lainnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dimana ia bertempat tinggal untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya pada siang hari dan atau malam hari dengan waktu tertentu.
?
Kegiatan ronda adalah salah satu pelaksanaan Sistem Keamanan Lingkungan (?Siskamling?). Siskamling ini dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa. Teknis kegiatan tersebut (termasuk jadwal, cara melakukan ronda, dan lain-lain) diserahkan dan ditentukan secara musyawarah mufakat oleh masyarakat pada masing-masing wilayah di setiap daerah.
?
Langkah apa yang bisa dilakukan jika masyarakat terganggu? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?