Hukumnya Memodifikasi Lirik Lagu untuk Kampanye Pemilu

Bacaan 6 Menit
Hukumnya Memodifikasi Lirik Lagu untuk Kampanye Pemilu
Pertanyaan

Saya ingin bertanya perihal kasus perubahan lirik lagu "Jogja Istimewa" untuk dijadikan yel-yel oleh pendukung salah satu paslon pemilu 2019. Kasus tersebut sudah dilaporkan ke polisi oleh Pencipta lagu. Apakah ada kasus serupa berupa pelanggaran hak cipta terkait perubahan lirik lagu baik di dalam dan luar negeri? Bagaimana penyelesaiannya? Terima kasih sudah bersedia meluangkan waktu untuk membaca pertanyaan saya dan menjawabnya.

Intisari Jawaban
Pencipta memiliki hak moral dan hak ekonomi. Hak moral sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri pencipta, salah satunya untuk mempertahankan haknya dalam hal terjadi distorsi Ciptaan, mutilasi Ciptaan, modifikasi Ciptaan, atau hal yang bersifat merugikan kehormatan diri atau reputasinya.
 
Mengubah teks lagu termasuk modifikasi Ciptaan, sehingga pencipta punya dasar yang kuat untuk mempertahankan haknya. Penyelesaian kasus modifikasi teks atau lirik lagu bisa dilakukan dengan cara mediasi atau melalui gugatan ke Pengadilan Niaga.
 
Mengenai contoh kasus dan penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.