Upah Tidak Sesuai dengan Nominal yang Didaftarkan ke BPJS

Bacaan 9 Menit
Upah Tidak Sesuai dengan Nominal yang Didaftarkan ke BPJS
Pertanyaan

Saya bekerja di perusahaan distributor. Saya didaftarkan perusahaan tersebut BPJS Ketenagakerjaan. Sebelumnya saya tidak tahu kalau saya terima upah yang berbeda dengan apa yang ada di data BPJS. Untuk upah yang saya terima hanya 1.8 juta. Tapi yang ada di data BPJS upah saya 2.6 juta (sesuai upah minimum) . Saya mau mengadukan ini tapi saya baru saja diberhentikan dari perusahaan tersebut. Terima kasih jawabannya.

Intisari Jawaban
Perihal Pemutusan Hubungan Kerja (“PHK”) yang tidak sesuai aturan, berarti dalam kasus Anda telah terjadi perselisihan hubungan industrial dengan jenis perselisihan PHK. Sementara atas upah yang tidak sesuai yang dibayarkan perusahaan, termasuk ke dalam perselisihan hubungan industrial dengan jenis perselisihan hak. Untuk itu, Anda bisa mengajukan gugatan perselisihan hubungan industrial kepada Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri yang daerah hukumnya meliputi tempat pekerja/buruh bekerja.
 
Anda pula dapat melaporkan tindak pidana kejahatan yang dilakukan perusahaan ke Polisi atau pegawai pengawas ketenagakerjaan karena telah membayar upah di bawah upah minimum yang berlaku. Karena hal tersebut, perusahaan dapat dikenakan sanksi pidana.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.