Hukumnya Mengunggah Foto Anak yang Sedang Dipijat ke Medsos

Bacaan 6 Menit
Hukumnya Mengunggah Foto Anak yang Sedang Dipijat ke Medsos
Pertanyaan

Jadi begini, sebulan yang lalu istri saya menggunakan jasa pijat anak yang dia dapatkan dari Instagram untuk 2 anak saya, laki-laki umur 5 bulan dan perempuan umur 5 tahun. Datanglah 2 orang, satu wanita yang memijat dan laki-laki yang mengantar. Yang jadi masalah adalah, ternyata mereka mengambil gambar kedua anak saya waktu dipijat (yang menurut saya, foto anak saya terlihat cukup terbuka badannya) tanpa sepengetahuan kami, lalu mengunggah foto tersebut ke Instagram tanpa izin kami juga untuk keperluan promosi jasanya. Apakah hal itu bisa disebut melanggar hukum dan apa dasar undang-undangnya? Terima kasih.

Intisari Jawaban
Perbuatan mengunggah potret (karya fotografi dengan objek manusia) ke media sosial Instagram dalam kasus Anda dapat dikategorikan sebagai iklan yang digunakan secara komersial. Untuk melakukan hal tersebut, wajib meminta persetujuan anak Anda atau ahli warisnya. Apabila dilakukan tanpa persetujuan, maka pelaku dapat dijerat pidana denda paling banyak Rp 500 juta sebagaimana diatur dalam Pasal 115 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.
 
Lalu bagaimana jika foto yang diambil itu memperlihatkan badan anak yang cukup terbuka? Apakah itu dikategorikan memuat ketelanjangan? Bagaimana hukumnya bagi pemijat yang mengunggah foto anak Anda dalam keadaan tersebut ke media sosial?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.