Bisakah MK Memutus Sengketa Lembaga Negara yang Terkait dengan Dirinya?

Bacaan 7 Menit
Bisakah MK Memutus Sengketa Lembaga Negara yang Terkait dengan Dirinya?
Pertanyaan

Saya mau tanya. jika terjadi sengketa kewenangan antar lembaga negara maka penyelesaiannya ke Mahkamah Konstitusi menurut undang-undang. Bagaimana jika MK sendiri yang bersengketa dengan lembaga negara lainnya maka bagaimana penyelesaiannya?

 

Intisari Jawaban
Dalam ketentuan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 08/PMK/2006 tentang Pedoman Beracara dalam Sengketa Kewenangan Konstitusional Lembaga Negara Mahkamah Konstitusi (“MK”) tidak disebutkan sebagai pihak yang dapat berperkara dalam sengketa kewenangan antar lembaga negara. Tidak memasukan MK sebagai pihak telah sejalan dengan asas peradilan yang berlaku universal yaitu nemo judex idoneus in propria causa yang berarti hakim tidak dapat menjadi hakim bagi dirinya sendiri. Asas nemo judex idoneus in propria causa merupakan bagian dari menjaga imparsialitas (ketidak-berpihakan), netralitas dan independensi hakim sebagai pemeriksa dan pemberi keadilan.
 
Dengan demikian MK tidak bisa menjadi pihak yang bersengketa dalam perkara kewenangan antar lembaga negara, lagi pula sampai saat ini MK belum pernah memutus perkara sengketa lembaga negara yang terkait dengan dirinya.
 
Penjelasan selengkapnya silakan klik ulasan di bawah ini.