Senin, 02 September 2019

Tanggung Jawab Polantas Jika Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Tanggung Jawab Polantas Jika Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Pertanyaan

Saya mengemudikan motor dari arah Tanjung Barat menuju Fatmawati, hingga berada pada perempatan Ragunan di TB Simatupang. Lalu lintas pada saat itu benar-benar padat dari semua arah. Polisi yang dibantu petugas Dinas Perhubungan mencoba membuka jalan. Walaupun lampu lalu lintas saya lihat masih merah, namun polisi memilih membuka jalur kami tanpa menutup jalur yang lampu hijaunya menyala. Polisi meniup pluitnya dan bilang "maju maju!" Saya maju dengan beberapa motor lainnya dengan perlahan. Dari arah kiri, saya dan dua motor disebelah saya tiba-tiba disambar oleh sebuah motor. Motor saya pun hancur body depannya. Orang yang menabrak kami bertiga kabur, sementara polisi nya langsung masuk ke pos polisi. Beberapa dari korban mencoba komplain ke polisi, namun ia cuma menjawab “namanya juga musibah,” tanpa melihat kondisi korban dan kerusakan motor kami bertiga. Sekarang saya mengalami kerugian materil dan luka-luka ringan. Saya tidak bisa menuntut siapa-siapa karena yang bersama saya juga menjadi korban, sementara polisi tidak merasa bahwa dirinya telah menyebabkan kecelakaan karena dia lalai mengontrol lalu lintas dari arah lainnya. Saya disini hanya ingin sharing karena jujur saya mengalami kerugian yang lumayan banyak dan saya tidak bisa berbuat apa-apa. Bila ada saran saya akan senang sekali membacanya. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Untuk menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam keadaan tertentu, petugas dapat memberhentikan arus lalu lintas dan/atau pengguna jalan, memerintahkan pengguna jalan untuk jalan terus, mempercepat arus lalu lintas, memperlambat arus lalu lintas, dan/atau mengalihkan arah arus lalu lintas. Selain itu, petugas juga bertanggung jawab untuk menangani kecelakaan lalu lintas, sehingga tidak boleh mengabaikan korban.
 
Apa yang bisa dilakukan masyarakat sebagai korban? Penjelasan selengkapnya silakan klik ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua