Senin, 28 October 2019

Solusi Jika Orang Tak Bersalah Diancam Ditahan Polisi

Solusi Jika Orang Tak Bersalah Diancam Ditahan Polisi

Pertanyaan

Pada suatu dini hari saya didatangi polisi yang mencari adik saya karena dugaan pengedaran narkoba tanpa menunjukan surat tugas. Katanya polisi sudah menggeledah rumah adik saya dan rumah mertuanya. Di rumah adik saya, polisi menemukan kertas yang diduga digunakan untuk melinting ganja. Setelah saya berikan keterangan kemungkinan lokasi keberadaan adik saya, saya diminta ikut. Polisinya berkata kalau saya akan ditahan sampai adik saya ditemukan. Akhirnya polisi berangkat menuju lokasi yang saya tunjukkan, polisi jalan duluan saya menyusul menggunakan kendaraan saya. Tapi karena saya takut ditahan bila adik saya tidak ditemukan, akhirnya saya kabur untuk menghubungi adik saya, saya menghubungi nomor telefon adik dan menjelaskan bahwa dia dicari polisi. Di situ saya menyuruh adik saya menghadap polisi. Tapi adik saya bersikeras untuk kabur karena menurut adik saya dia tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh polisi, yaitu menjual ganja dan sabu antar lembaga pemasyarakatan. Adik saya mengaku hanya menjual ganja. Karena saya lihat adik saya malah kabur saya pun tidak berani pulang karena sebelumnya polisi mengancam akan menahan saya kalau adik saya tidak ditemukan. Setiap hari rumah saya dan rumah orang tua didatangi, sampai lebih dari tiga minggu. Kabarnya saya juga diancam tujuh tahun penjara karena ikut melarikan diri juga. Tolong beri solusi untuk keluar dari masalah ini.

Intisari Jawaban

Penangkapan adalah tindakan berupa pengekangan sementara waktu kebebasan tersangka atau terdakwa apabila terdapat cukup bukti guna kepentingan penyidikan atau penuntutan dan/atau peradilan dalam hal serta menurut cara yang diatur dalam undang-undang. Sedangkan penahanan adalah penempatan tersangka atau terdakwa di tempat tertentu oleh penyidik atau penuntut umum atau hakim dengan penetapannya dalam hal serta menurut cara yang diatur dalam undang-undang.
 
Lantas bagaimana solusi jika seseorang yang tidak bersalah diancam akan ditahan polisi? Penjelasan lebih lanjut silakan klik ulasan di bawah ini.

 

Lihat Ulasan Lengkap

Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua