Dasar Hukum Kebijakan Diet Kantong Plastik

Bacaan 7 Menit
Dasar Hukum Kebijakan Diet Kantong Plastik
Pertanyaan
Sekarang ini kantong plastik di beberapa swalayan sudah berbayar, namun di beberapa tempat lain misalnya toko di mall/pasar/kelontong belum menerapkan ini. Saat ditanya alasannya karena memang ada kebijakan untuk mengurangi kantong plastik. Bahkan dengan adanya kebijakan ini, jadi ajang swalayan untuk menjual kantong/tas kain untuk berbelanja. Sebenarnya apa sih dasar hukum dari kebijakan diet kantong plastik ini?
Intisari Jawaban
Pada mulanya gerakan pengurangan penggunaan kantong plastik dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Nomor: S.1230/PSLB3-PS/2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar, yang kemudian diujicobakan ke 23 kota.
 
Sayangnya setelah masa uji coba berakhir, peraturan khusus mengenai pengendalian penggunaan kantong plastik tidak kunjung dibuat. Akibatnya hingga saat ini masing-masing daerah memiliki kebijakannya sendiri. Selain itu, pihak swasta juga mengambil inisiatif meregulasi penggunaan kantong plastik berbayar di kalangannya sendiri.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.