Kewajiban Divestasi Saham Perusahaan PMA

Bacaan 7 Menit
Bacaan 7 Menit
Kewajiban Divestasi Saham Perusahaan PMA
Pertanyaan
Perusahaan kami berdiri sebagai badan hukum pada Januari 2004, dan sekarang sudah memasuki tahun ke-16. Kami bergerak di bidang "industri mesin/peralatan untuk pengolahan/pengerjaan logam" dengan nomor KBLI 28221. Sejak berdiri, kepemilikan saham perusahaan adalah 100% PMA. Pertanyaannya, apakah perusahaan kami masih memiliki kewajiban untuk membagi saham kepemilikannya dengan pemilik lokal, sehubungan dengan aturan bahwa perusahaan yang sudah berjalan lebih dari 15 tahun harus membagi kepemilikan sahamnya dengan pemilik lokal? Kalau memang wajib, prosedurnya seperti apa? Kalau tidak wajib, aturan mana yang menyatakan seperti itu?
Intisari Jawaban
Kewajiban divestasi modal asing di dalam perusahaan penanaman modal asing (PMA) diatur dalam Pasal 7 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1994 tentang Pemilikan Saham dalam Perusahaan yang Didirikan dalam Rangka Penanaman Modal Asing.
 
Namun demikian, Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 5 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Perizinan dan Fasilitas Penanaman Modal memberikan sejumlah keringanan dalam pelaksanaan kewajiban tersebut. Apa saja keringanan itu? Penjelasan selengkapnya dapat disimak pada ulasan berikut.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika