Cara Menentukan Ne Bis In Idem Agar Tak Dituntut Kedua Kali

Bacaan 5 Menit
Cara Menentukan <i>Ne Bis In Idem</i> Agar Tak Dituntut Kedua Kali
Pertanyaan

Kronologi di bulan Juni, saya terkena kasus penggelapan uang Rp60 juta dan sudah vonis 14 bulan. Ketika menjalani proses hukum, selang beberapa bulan lagi perusahaan melaporkan saya kembali dengan tuduhan penggelapan uang Rp27 juta dan tersangkanya adalah seorang admin. Sedangkan saya terseret lagi di kasus Rp27 juta itu dan sekarang sedang menjalani proses sidang, padahal saya tidak pernah mengetahui tentang penggelapan ini. Yang saya takutkan, bisakah saya divonis untuk kedua kalinya dalam satu perkara dengan pelapor/korban yang sama? Padahal saya sedang menjalani proses hukum yang pertama. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Seseorang tidak boleh dituntut untuk yang kedua kalinya terhadap perbuatan yang telah dijatuhi putusan hakim yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Ketentuan ini disebut dengan asas ne bis in idem sebagaimana terkandung di dalam Pasal 76 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Tapi, untuk bisa mengetahui apakah perbuatan itu termasuk kategori ne bis in idem atau tidak, Anda perlu mencermati kembali waktu (tempus delicti) dan tempat (locus delicti) terjadinya tindak pidana.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika