Dugaan Pelanggaran Hak Cipta dalam Adaptasi Newsletter Menjadi Podcast

Bacaan 6 Menit
Dugaan Pelanggaran Hak Cipta dalam Adaptasi <i>Newsletter</i> Menjadi <i>Podcast</i>
Pertanyaan

Ada beberapa alumni universitas luar negeri yang membuat sebuah newsletter yang merangkum dan mengolah berita-berita terhangat di Indonesia. Newsletter tersebut kemudian akan dikirim ke e-mail pelanggannya setiap hari. Suatu ketika, konten di dalam newsletter tersebut dibacakan mentah-mentah oleh salah satu podcaster ternama, sama persis hingga titik komanya. Apakah ini merupakan pelanggaran hak cipta atau kekayaan intelektual lain?

Intisari Jawaban
Newsletter termasuk dalam jenis ciptaan karya tulis. Sedangkan konten podcast yang berupa rekaman suara dapat memuat interview, musik/lagu, ceramah, dan lain-lain. Dengan demikian, konten podcast masuk ke dalam jenis ciptaan yang variatif, tergantung hasil karya yang diwujudkan dalam bentuk nyata dan direkam.
 
Dalam konteks dugaan pelanggaran hak cipta dalam pengalihwujudan (adaptasi) konten newsletter menjadi rekaman suara konten podcast, pencipta sebagai pemegang hak eksklusif memiliki peran utama. Selama pengalihwujudan tersebut dilakukan atas persetujuannya dan ia tidak berkeberatan, maka hal tersebut bukan merupakan pelanggaran hak cipta. Namun apabila yang terjadi adalah sebaliknya, maka pengalihwujudan tersebut merupakan pelanggaran hak cipta.
 
Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.