Hukumnya Menimbun Masker Hingga Menyebabkan Kelangkaan dan Harga Tinggi

Bacaan 7 Menit
Hukumnya Menimbun Masker Hingga Menyebabkan Kelangkaan dan Harga Tinggi
Pertanyaan
Bagaimana hukumnya jika ada pihak-pihak yang menimbun masker N95 saat penyakit menular corona mewabah seperti ini? Sehingga saat ini sedang terjadi kelangkaan dan kenaikan harga.
Intisari Jawaban
Pelaku usaha yang diduga melakukan penimbunan atau memainkan harga barang pokok dan penting, dapat dijerat sanksi pidana dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Masker N95 dapat ditetapkan sebagai barang kebutuhan pokok dan/atau penting berdasarkan usulan Menteri Perdagangan.
 
Selain itu, pelaku usaha juga dapat dikenai sanksi administratif karena melakukan perbuatan yang terindikasi merupakan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat.
 
Pihak-pihak yang menduga adanya penimbunan barang-barang tersebut dapat melapor kepada kepolisian atau pejabat pegawai negeri sipil di bidang perdagangan. Sedangkan dugaan monopoli dan/atau praktik usaha tidak sehat dapat dilaporkan kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.