Langkah Jika Melakukan Repackaging Kemasan Produk Makanan

Bacaan 9 Menit
Langkah Jika Melakukan <i>Repackaging</i> Kemasan Produk Makanan
Pertanyaan
Saudara saya memiliki bisnis UKM dengan berjualan keripik kulit ikan, yang kesehariannya hanya dipasarkan ke sekitaran desa. Lalu saya ingin mencoba memasarkan produk tersebut lebih luas. Tapi karena menurut saya kemasan kurang menarik, jadi saya ingin merubah kemasan itu dengan persetujuan dan kerjasama saudara saya. Nantinya packing diperkecil dan saya buat lebih modern bungkusnya dan tidak merubah nama ataupun siluet logo. Apakah ada hukumnya mengganti ukuran kemasan yang sudah terdaftar?
Intisari Jawaban
Perubahan ukuran kemasan dapat dikategorikan sebagai perubahan jenis kemasan yang harus didaftarkan melalui pendaftaran variasi. Berdasarkan pernyataan Anda, kemasan yang nantinya akan diperkecil dapat memengaruhi berat/isi bersih, sehingga dikategorikan sebagai perubahan data minor.
 
Atas perubahan tersebut, Anda dapat mengajukan permohonan perubahan melalui e-Registration di laman Badan Pengawas Obat dan Makanan. Namun, jika Anda juga mengubah desain kemasan, maka perubahan tersebut termasuk ke dalam perubahan data mayor.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.