Aturan Penempatan Transgender di Penjara

Bacaan 3 Menit
Aturan Penempatan Transgender di Penjara
Pertanyaan

Akhir-akhir ini seorang public figure transgender menjadi sorotan karena polisi bingung hendak memasukkannya ke sel tahanan mana. Kebingungan itu memang telah teratasi karena yang bersangkutan telah ditetapkan oleh pengadilan sebagai perempuan. Namun, bagaimana jika transgender tersebut secara hukum masih laki-laki (belum ada penetapan pengadilan yang mensahkan)? Apakah ia dimasukkan ke sel laki-laki? Adakah upaya khusus untuk melindunginya dari pelecehan seksual?

Intisari Jawaban
Penggolongan narapidana berdasarkan jenis kelamin hanya mengenal laki-laki dan perempuan. Jika menurut hukum jenis kelamin seorang transgender berstatus narapidana telah berganti menjadi perempuan, maka sudah sepantasnya yang bersangkutan ditempatkan di penjara perempuan. Demikian pula jika statusnya masih sebagai tahanan, maka yang bersangkutan ditempatkan di sel tahanan perempuan.
 
Namun apabila seorang transgender masih laki-laki secara hukum, maka ia akan ditempatkan di penjara/sel tahanan laki-laki. Untuk menghindari pelecehan seksual, transgender yang secara hukum masih laki-laki sebaiknya terlebih dahulu ditempatkan di sel khusus dalam beberapa hari untuk menyesuaikan diri. Selain itu, ia juga perlu mendapatkan pengawasan khusus.
 
Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.