Dianggap Meniru Kata-kata Bijak untuk Desain Kaus, Dapatkah Dipidana?

Bacaan 5 Menit
Dianggap Meniru Kata-kata Bijak untuk Desain Kaus, Dapatkah Dipidana?
Pertanyaan
Saya punya usaha kaus yang dihiasi kata-kata bijak. Kata-kata pada kaus yang saya produksi tersebut kebetulan sama persis dengan kata-kata pada kaus yang telah diproduksi lebih dulu oleh kompetitor. Apakah saya bisa dituntut atau dikasuskan oleh kompetitor tersebut? Soalnya, kompetitor tersebut mengaku telah mematenkan semua kata-kata bijaknya tersebut.
 
Kata-kata itu saya munculkan tanpa menyontek, tanpa sengaja walau ternyata sama persis dengan kompetitor. Masa iya kami dalam memproduksi kata-kata harus mengecek satu persatu apakah kata bijak serupa sudah diproduksi oleh kompetitor? Padahal diksi/pilihan kata kan cuma itu-itu saja. Makanya saya kurang sepakat apabila kalimat tersebut diklaim hanya sebagai buah pikir miliknya, lantas orang lain tidak boleh menggunakannya? Apakah orang lain yang memiliki buah pikir yang sama tidak boleh memproduksi dan mengkomersilkan sendiri?
Intisari Jawaban
Di satu sisi, suatu desain kaus yang di dalamnya terdapat kata-kata bijak dapat didaftarkan dengan perlindungan desain industri. Syaratnya, desain kaus tersebut memiliki bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbeda dengan desain kaus yang telah diproduksi terlebih dahulu.
 
Namun di sisi lain, kata-kata bijak yang dicetak di atas kaus masih dapat dilindungi oleh hak cipta. Jika perusahaan lain sudah memublikasikan terlebih dahulu kata-kata bijak tersebut, dan seseorang menggunakan kata-kata bijak tersebut tanpa izin, maka yang bersangkutan berpotensi dianggap melanggar hak cipta.
 
Penjelasan selengkapnya dapat Anda klik ulasan di bawah ini.