Hukum Menggunakan Tanah Hasil Pengadaan Saat Ganti Rugi Belum Diberikan

Bacaan 10 Menit
Hukum Menggunakan Tanah Hasil Pengadaan Saat Ganti Rugi Belum Diberikan
Pertanyaan
Ada sebidang tanah saya kira-kira satu hektar, yang terkena pembangunan jalan lingkar. Namun sampai sekarang masalah ganti kerugian belum jelas dan hal ini sedang dalam proses oleh Ombudsman. Sekarang tanah tersebut dipakai oleh pihak tambang dan saya sudah memberikan surat teguran tapi tetap tidak digubris. Langkah apa yang dapat saya tempuh sembari menunggu hasil proses dengan Ombudsman?
Intisari Jawaban

Patut dipahami bahwa pengadaan tanah untuk kepentingan umum tidak mencakup kegiatan dalam bidang pertambangan. Jika pengadaan tanah dilakukan untuk kepentingan tersebut, Anda dapat mengajukan upaya administratif atau gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara.

Selain itu, upaya hukum yang dapat Anda lakukan adalah mengajukan keberatan ke pengadilan negeri atas bentuk dan/atau besaran ganti kerugian.

Sepanjang ganti kerugian itu belum diberikan, maka belum terjadi pelepasan hak atas tanah dan penyerahan hak tersebut. Penggunaan tanah oleh pihak tambang yang tidak berhak dapat dikenai sanksi perdata dan pidana.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika