Jika Bank Ubah Jenis Pola Angsuran Kredit Secara Sepihak

Bacaan 7 Menit
Jika Bank Ubah Jenis Pola Angsuran Kredit Secara Sepihak
Pertanyaan
Saya adalah salah satu nasabah pada sebuah bank persero. Kami mengajukan kredit dan menandatangi kontrak kredit sejumlah uang dengan pola angsuran flat. Dalam masa angsuran berjalan, kami meminta rekening koran kredit dimaksud. Kami kaget ketika tahu pihak bank secara sepihak menggunakan pola angsuran anuitas (sudah tidak sesuai dengan kontrak kredit yg telah ditandatangani). Yang ingin kami konsultasikan adalah: 1. Apakah tindakan sepihak bank yang mengubah pola angsuran tersebut dapat dikategorikan sebagai kejahatan perbankan? 2. Perubahan sepihak ini secara hukum dikategorikan pidana/perdata? 3. Apakah dimungkinkan apabila kami untuk menempuh langkah hukum?
Intisari Jawaban
Perjanjian kredit dibuat secara tertulis yang paling sedikit memuat jumlah, jangka waktu, tata cara pembayaran kembali kredit atau pembiayaan, dan persyaratan kredit sebagaimana ditetapkan dalam keputusan persetujuan kredit.
 
Sebelum membuat perjanjian kredit pun, dilakukan analisis kredit yang disesuaikan dengan jumlah dan jenis kredit pada setiap permohonan kredit.
 
Jadi, perbuatan bank yang mengubah jenis pola angsuran kredit secara sepihak merupakan perbuatan wanprestasi atau cidera janji. Bila ditemukan dugaan dengan sengaja mengubah pencatatan dalam pembukuan atau dalam laporan ketika mengubah jenis pola angsuran ini, dapat dikatakan sebagai kejahatan perbankan.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.