Ancaman Sanksi Menghadang Mobil Agar Berhenti

Bacaan 8 Menit
Ancaman Sanksi Menghadang Mobil Agar Berhenti
Pertanyaan
Ada 2 orang teman saya, A dan B. Si B ini berpacaran dengan C. Lalu si A datang ke rumah B dengan niat ingin berbicara, tetapi C tidak suka dengan A dan mengancam dengan kekerasan supaya A pulang. A tidak memedulikan ancaman itu dan tetap tinggal. Akhirnya C pergi dan memanggil teman-temannya untuk mengintimidasi A, sampai ia ketakutan dan pergi. Namun di tengah jalan, A ternyata dibuntuti oleh C dan teman-temannya. Mobil yang dikendarai A dihadang secara berbahaya oleh motor dari arah depan dan belakang, memaksa agar A menepi dan berhenti. Tetapi pada akhirnya, A berhasil kabur dari mereka. Pertanyaan saya, apakah kejadian penghadangan ini dapat disebut tindak pidana?
Intisari Jawaban
Pada dasarnya, perbuatan C terhadap A yang mengancam dengan kekerasan supaya A pulang dapat dikenakan jerat pidana dalam Pasal 335 ayat (1) angka 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.
 
Sedangkan perbuatan menghadang mobil yang dikendarai A baik dari arah depan maupun belakang oleh C dan teman-temannya secara berbahaya dengan tujuan memaksa agar A menepi dan memberhentikan mobilnya, namun pada akhirnya A tidak jadi menepi dan berhenti, dan berhasil kabur, bisa dikategorikan sebagai percobaan tindak pidana.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.