Laka Lantas Akibat Motor Lepas Kendali

Bacaan 5 Menit
Laka Lantas Akibat Motor Lepas Kendali
Pertanyaan
Adik saya terlibat kecelakaan tunggal yang kronologinya: adik saya mengerem dan terjatuh, namun motornya lepas kendali dan berjalan sendiri hingga akhirnya terjatuh. Tiba-tiba ada seorang bapak yang menabrak motor tesebut. Adik dan bapak tersebut sama-sama mengalami luka dan akan dilakukan mediasi. Namun dari pihak bapak tersebut meminta ganti rugi atas kejadian tersebut, dan meminta sejumlah uang agar kasusnya ditutup. Yang saya tanyakan, apakah ini termasuk tindakan pemerasan dan bagaimana menurut pandangan hukum kasus adik saya, di mana bapak tersebut jatuh karena menabrak motor adik saya.
Intisari Jawaban
Meskipun tidak dengan sengaja, namun adik Anda telah menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban yang Anda maksud mengalami luka-luka.
 
Dalam hukum pidana, perbuatan semacam ini diklasifikasikan sebagai suatu delik culpa, karena telah lalai atau kurang hati-hati.
 
Maka, permintaan ganti kerugian atau sejumlah uang lainnya adalah hal yang wajar dan bukan tindak pidana pemerasan, kecuali memenuhi unsur pasal terkait.
 
Penjelasan selengkapnya silakan klik ulasan di bawah ini.