Bolehkah PPJB Rumah Dibatalkan Saat Gugatan Sedang Berjalan?

Bacaan 5 Menit
Bolehkah PPJB Rumah Dibatalkan Saat Gugatan Sedang Berjalan?
Pertanyaan
Ketika perkara wanprestasi masuk pengadilan, apakah developer dapat membatalkan PPJB dengan alasan penggugat tidak melakukan pembayaran cicilan ke bank (pemilikan properti DP 30% ke developer sisanya KPR), padahal bank juga ikut tergugat & sudah ada surat pemberitahuan dari pengacara bahwa ada penangguhan pembayaran cicilan karena kasus wanprestasi masih berproses. Hak atas properti & semua pembayaran termasuk DP 30% dinyatakan hangus oleh developer & PPJB dibatalkan secara sepihak oleh developer dan menyatakan properti akan dijual ke pihak lain, karena bank mengajukan buy back (dengan alasan penggugat lalai menyicil angsuran) & developer membayar ke bank atas permintaan buy back tersebut. Apakah tindakan developer tersebut diperbolehkan?
Intisari Jawaban
Adanya surat pemberitahuan penundaan pembayaran dari pembeli dapat menjadi dasar hukum bagi pembeli untuk menunda pembayaran cicilan apabila pengembang (developer) menyetujui permohonan penundaan pembayaran yang diajukan oleh pembeli. Selain itu pembeli juga dapat menunda pembayaran apabila dalam kasus yang memeriksa gugatan wanprestasi yang diajukan oleh pembeli (konsumen), terdapat putusan provisional yang mengabulkan permohonan penundaan pembayaran yang diajukan oleh pembeli. 
 
Lalu, bagaimana keabsahan dari pembatalan sepihak yang dilakukan oleh pengembang ketika gugatan masih dalam proses di pengadilan?
 
Penjelasan lebih dapat Anda klik ulasan di bawah ini.