Dapatkah Pilkada Ditunda karena COVID-19?

Bacaan 6 Menit
Dapatkah Pilkada Ditunda karena COVID-19?
Pertanyaan

Di daerah saya akan diselenggarakan Pilkada akhir tahun 2020 ini, padahal angka COVID-19 masih tinggi dan saya juga belum yakin dengan calon wali kota yang maju di kota saya. Sebenarnya apakah pilkada memang harus dilakukan pada saat ini atau dapat ditunda? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Intisari Jawaban

Pelaksanaan pilkada serentak dapat ditunda sepanjang Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah, dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersepakat untuk menunda pelaksanaannya serta menetapkan pelaksanaan pilkada serentak lanjutan melalui Keputusan KPU.

Oleh karena pandemi COVID-19, kemudian diterbitkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Namun lebih lanjut, pilkada serentak 2020 ini tetap akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang, dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika