Cara Ajukan Keberatan Atas Putusan BPSK yang Final dan Mengikat

Bacaan 4 Menit
Cara Ajukan Keberatan Atas Putusan BPSK yang Final dan Mengikat
Pertanyaan

Terdapat 2 ketentuan yang tidak integral dalam UUPK mengenai penyelesaian sengketa melalui BPSK, yaitu Pasal 54 ayat (3) dan Pasal 56 ayat (2). Di mana diatur bahwa putusan BPSK merupakan putusan yang bersifat final dan mengikat, namun sebaliknya Pasal 56 ayat (2) memberikan kesempatan mengajukan keberatan terhadap putusan BPSK tersebut ke pengadilan. Pertanyaan saya: berdasarkan hukum acara yang berlaku, bagaimana proses pengajuan keberatan tersebut, apakah dalam bentuk gugatan atau permohonan dan apa kedudukan BPSK dalam pengajuan keberatan tersebut?

Intisari Jawaban

Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (“BPSK”) dibentuk sebagai institusi yang menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan. Hal tersebut telah ditegaskan dalam Pasal 49 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Meskipun putusan yang dikeluarkan oleh BPSK bersifat final dan mengikat, namun hal ini tidak berarti tidak ada upaya hukum yang bisa dilakukan apabila ada yang merasa keberatan atas putusan BPSK. Para pihak tetap dapat mengajukan upaya hukum keberatan kepada Pengadilan Negeri paling lambat 14 hari sejak menerima pemberitahuan putusan. Mengapa bisa demikian, padahal sifatnya final dan mengikat?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika