Haruskah Karyawan Resign Dulu Jika Dialihkan ke Perusahaan Baru?

Bacaan 3 Menit
Haruskah Karyawan <i>Resign</i> Dulu Jika Dialihkan ke Perusahaan Baru?
Pertanyaan
Saya pekerja PKWTT jasa teknik. Saya sudah bekerja selama 5 tahun pada perusahaan jasa borongan yang saat ini perusahaan tempat saya bekerja melakukan alih daya ke perusahaan lain (baru). Untuk melanjutkan ke PT baru tersebut, kami diminta membuat surat undur diri agar bisa diterima pada PT yang baru tersebut. Pertanyaan saya, apakah memang harus membuat surat undur diri dulu agar kami bisa bekerja pada perusahaan baru tersebut atau bagaimana yang telah diatur oleh undang-undang? Dan kalau hal tersebut tidak dibenarkan, apakah perusahaan melanggar hukum?
Intisari Jawaban
Pada prinsipnya, apabila terjadi pengalihan perusahaan, maka hak-hak pekerja/buruh akan beralih menjadi tanggung jawab pengusaha baru, kecuali ditentukan lain dalam perjanjian pengalihan yang tidak mengurangi hak-hak pekerja/buruh.
 
Sehingga, tidak terdapat kewajiban bagi Anda untuk membuat surat pengunduran diri dari perusahaan yang lama, melainkan yang harus diperhatikan adalah perjanjian pengalihan dari perusahaan lama ke perusahaan baru.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.