Paten Bersifat Teritorial, Begini Penjelasannya

Bacaan 5 Menit
Paten Bersifat Teritorial, Begini Penjelasannya
Pertanyaan

Sehubungan dengan rencana kami untuk menerapkan teknologi modifikasi pesawat yang ternyata telah dipatenkan oleh perusahaan lain di Kanada. Mohon penjelasannya untuk: 1. Sejauh mana batasan yang diperbolehkan dalam memodifikasi pesawat, sehingga tidak melanggar paten perusahaan lain? 2. Bagaimana proses berperkara atas pelanggaran paten internasional dalam kondisi sebagaimana kami jelaskan diatas (step by step)? 3. Apa konsekuensi bagi perusahaan di Indonesia jika tidak memenuhi panggilan dari pengadilan di luar negeri terkait pelanggaran paten? Demikian, terima kasih.

Intisari Jawaban

Sesungguhnya tidak ada perlindungan paten yang bersifat internasional (berlaku pada seluruh negara). Perlindungan paten bersifat teritorial dan oleh karenanya perlindungan paten hanya berlaku di negara di mana paten terdaftar.

Terlepas dari itu, Anda tetap perlu menganalisa klaim paten terdaftar milik perusahaan di Kanada terlebih dahulu untuk dapat menentukan indikasi adanya pelanggaran paten dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan dibawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika