Developer Tak Tepati Janji Promo, Ini yang Bisa Dilakukan Pembeli

Bacaan 7 Menit
<i>Developer</i> Tak Tepati Janji Promo, Ini yang Bisa Dilakukan Pembeli
Pertanyaan

Pada saat ini saya sedang mencicil DP sebuah apartemen dengan janji promo, mencicil 5% DP bisa mendapatkan pinjam pakai apartemen siap selama 2 tahun. Tetapi pada kenyataannya cicilan DP saya sudah mencapai 8% dan sampai sekarang saya belum mendapatkan janji promosi, apakah hal tersebut dibenarkan secara hukum? Apa yang harus saya perbuat, karena dari diri saya sendiri timbul rasa ketidakpercayaan akan pengembang mengingat unit yang saya pesan masih dalam proses pembangunan? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Janji promo bahwa dengan mencicil 5% DP (down payment) atau uang muka bisa mendapatkan pinjam pakai apartemen siap selama 2 tahun sudah merupakan suatu perjanjian. Jika developer apartemen telah berjanji demikian namun tidak ditepati, berarti ia telah melakukan wanprestasi.

Konsekuensi hukum wanprestasi adalah sebagai berikut: 1. Pembayaran ganti rugi; 2. Peralihan risiko; 3. Pembatalan perjanjian; 4. Pemenuhan perjanjian; 5. Pembayaran biaya perkara.

Di sisi lain, Anda selaku pembeli juga bisa menempuh alternatif penyelesaian sengketa, salah satunya dengan melakukan negosiasi dengan developer.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.